cara menghilangkan kelilipan di kelopak mata, Cepet Dan Ampuh

     Benda asing yang mengganjal pada mata kita tentunya sangat menggagu, Bahkan hal ini akan terasa sakit.  Untuk itu kita tidak boleh membiarkan kotoran yang mengganjal pada mata tersebut terlalu lama.

cara menghilangkan kelilipan di kelopak mata
Gambar via @luanmendesrs

     Kotoran seperti debu atau pasir sering masuk ke dalam kelopak mata ketika kita berada di luar ruangan  yang banyak debu atau ketika sedang bersih- bersih rumah. 

     Nah ketika debu menempel di mata, Ketika itu juga kita akan terasa perih dan sakit. Untuk itu perlu tindakan yang tepat untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari mata. 

     Salah satu kesalahan yang sering dialami oleh seseorang ketika terkena kelilipan adalah menguceknya, Padahal Tindakan tersebut salah kaprah. 

     Hal ini malah justru akan memperburuk keadaan, Seperti menyebabkan iritasi atau membuat mata menjadi kemerahan. Untuk itu perlu cara dan tindakan yang tepat untuk menghilangkan kotoran tersebut.

CARA MENGHILANGKAN KELILIPAN PADA KELOPAK MATA

1. Menggunakan Air Mengalir

     Cara pertama adalah dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Cara ini terbukti ampuh  untuk mendorong keluar kotoran yang ada di dalam mata kita. 

     Kamu bisa mengambil selang yang airnya tidak mengalir begitu deras, Lalu bukalah mata kamu dan semprotkan secara hati- hati ke arah mata. 

air mengalir untu mengobati mata kelilipan
Gambar via @cecilia_schulz

     Tahan, Jangan merem  agar kotoran yang terdapat pada mata kamu terdorong keluar oleh air yang mengalir tersebut. Setelah selesai kamu bisa mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk.

2. Mengeluarkan Dengan Air Mata

     Mengeluarkan dengan air mata? Harus sedih dulu dong?  Ada cara lain mengeluarkan air mata tanpa harus menangis, Yaitu dengan cara berkedip dengan cepat. 

air mata untuk menghilangkan kotoran pada mata
Gambar via @barghest1

     Hal ini terbukti bisa membuat air mata kita keluar dengan sendirinya. Jika air mata keluar otomatis kotoran yang menempel pada mata kita akan terbawa keluar oleh air mata tersebut

3. Menggunakan Obat Mata

     Jika kamu mempunyai obat tetes mata sebaiknya gunakan ini saja, Karena obat mata selain mampu mengeluarkan kotoran yang mengganjal pada mata juga mengandung antiseptik yang berguna untuk menghilangkan bakteri bekas kotoran yang ada di mata tadi. 

     Selain itu obat mata juga bisa gunakan untuk mengobati mata yang memerah, Caranya cukup mudah yaitu cukup dengan membuka mata kamu lebar- lebar. 

     Kemudian teteskan 2 atau 3 tetes obat mata tersebut pada mata yang memerah. Lalu Kededip- kedipkan mata kamu beberapa saat.

4. Dengan Bantuan Orang Lain

     Kamu sedang bersama teman atau keluarga saat mata kamu terkena kotoran, Kamu bisa meminta bantuan kepada mereka. 

     Suruh mereka untuk meniup mata kamu, Cukup dengan membuka mata secara lebar kemudian suruh teman kamu untuk meniupnya.  

     Cara ini sudah digunakan dari zaman dahulu dan terbukti bisa mendorong keluar kotoran pada mata.

5. Gunakan Tisu

     Ambilah satu buah tisu kemudian basahkan sedikit saja, Tempelkan ke mata yang terdapat kotoran, Lalu angkat. 

tisu untuk mata
Gambar via @luling97

     Jika masih terasa mengganjal cobalah kembali hingga berhasil. Cara ini efektif untuk mengangkat kotoran pada mata dengan cepat.


     Itu dia cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kelilipan pada mata kamu, Cukup mudah bukan? Nah untuk menghindari kotoran masuk ke dalam mata kita sebaiknya kamu melakukan hal ini:

  • Memakai Kaca Mata Saat Diluar Ruangan
     Di zaman modern seperti sekarang banyak sekali polusi terutama di pinggir jalan, Debu beterbangan di mana- mana.

     Untuk itu penting untuk melindungi mata kamu, Dengan tujuan untuk melindungi mata dari masuknya kotoran ke dalam mata kita.

  • Menutup Kaca Helm Saat Berkendara
     Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa dijalanan banyak sekali debu beterbangan yang bisa kapan saja masuk ke mata kita. 

helm untuk terhindar dari debu dan kotoran
Gambar via @racerlife7
     Untuk menghindari hal tersebut cara terbaik untuk terhindar dari hal tersebut adalah dengan menutup kaca helm saat berkendara.  Hal ini juga efektif untuk menghindari tumbuhnya jerawat.

  • Hati- hati Dengan Tempat Berdebu
     Ruangan yang kotor yang sedang disapu adalah salah satu tempat yang perlu kamu waspadai, Karena saat itu debu dan kotoran banyak sekali yang beterbangan. 

     Sebaiknya sapu pelan- pelan  ruangan tersebut untuk meminimalisir debu beterbangan yang berlebihan.   

Penulis:

1 komentar untuk cara menghilangkan kelilipan di kelopak mata, Cepet Dan Ampuh

Terima kasih saran penulis cantik satu ini